Purgatory’s News Flash: Acoustic Album and Their Own Official Merchandise! Comin’ up!



Purgatory sekarang lagi ngapain, ya? Banyak yang nanyain kabar band metal yang isinya ada Sandman – vocal, Madmor – growl, L.T.F – guitar, Bad-Art – guitar, Bone – bass, Djackal – scratch & keys, dan Al – drums & sampling ini. Dapurletter barusan ngobrol bareng mereka seusai mereka latihan beberapa waktu lalu. Let’s check this out, Guys.

Sekarang Purgatory lagi ngapain? Nyiapin album baru mungkin? Secara udah lumayan lama juga jaraknya dari album terakhir kalian. Kalau iya, bisa kasih bocoran dikit ngga, konsepnya kayak gimana?

Rencana album baru paling dekat adalah album full acoustic, tapi terus terang emang masih ada beberapa kendala di management waktu dan instrumen.

Kalau misalnya sekarang kalian lagi nyiapin album baru, ada kemungkinan buat teman-teman Purgatory a.k.a MOGerz, nyumbang lirik atau lagu?

Lirik dan lagu Purgatory terus mengerucut ke tema syi’ar Islam. Kami berharap jangan memberi Purgatory label “fanatik” dengan sikap ini. Insya ALLAH kami akan terus mengusung syi’ar Islam, tapi juga kami jauh dari sifat fanatik.

Kami nggak pernah menutup akses kontribusi dari luar, tapi yang pasti semua orang tahu bahwa idealisme ini super sensitif, filternya musti hati-hati, nggak bisa sembarang terima aja. Contohnya nih, kami nggak bisa nerima masukan yang berpotensi mempertajam perbedaan pendapat dalam urusan agama, yang bersifat terlalu ekspresif dan emosional dalam urusan agama, termasuk yang keras-keras dan galak. Kami juga nggak bisa nerima masukan yang arahnya meremehkan syari’at agama (sekularis, pluralis, liberalis).

Ada satu topik discussion board di Purgatory’s Official Group of Mogerz di Facebook, judulnya panjang: “Saran dan masukan untuk album baru Purgatory (Musik, Lirik, Aransement, Materi, Wardrobe dsb)”. Topik itu nggak dicuekin, kami sendiri yang update. Coba ikuti link ini (http://www.facebook.com/topic.php?uid=78955924242&topic=10437).

Untuk karakter lirik Purgatory, MOGerz bisa coba kenali dari topik “Terjemah syair album Beauty Lies Beneath”. Just follow this link (http://www.facebook.com/note.php?note_id=186860804510).

Dalam hal penulisan syair, kami “tidak menganut sistem demokrasi”, tapi adalah musyawarah. Tapi, bismillah…kami berusaha sebijak mungkin mengangkat tema-tema yang emang “dibutuhkan”. Catatan: kebutuhan beda banget sama keinginan. Jadi MOGerz silakan kasih masukan kepada Purgatory, tapi siap-siap aja kalau misalnya kebanyakan kalian meminta kami mengangkat tema A, kami justru mengangkat tema Q atau Z. Sumber referensi syair-syair lagu kami ujung-ujungnya adalah Al-Qur’an. Ini yang nggak bisa dinego.

Kalian membuat group atau fanpage Purgatory. Ada rencana apa buat para teman kalian yang tergabung di dalamnya? Misal: gathering?

Sekarang kami sedang memperkuat hubungan sama MOGerz yang makin sering ngumpul. Yang pasti sekarang lagi nyusun kekuatan bareng beberapa produsen merchandisers, termasuk beberapa yang udah pernah bikinin merchandise Purgatory. Insya ALLAH dalam jarak 2 bulan ke depan Purgatory punya official merchandise gabungan dari 6 produsen di bawah satu merk/label, namanya MOGERZ, yang akan ngeluarin produk-produknya dalam waktu bersamaan. Alhamdulillah, 6 produsen itu semua dari kalangan MOGerz sendiri, bukan pedagang-pedagang yang mau ambil benefit dari satu komunitas tapi nggak ngerti apa itu MOGerz. Alhamdulillah komunitas ini bergerak.

Di bidang lain, MOGerz juga lagi menyusun kekuatan buat bikin gigs sendiri. Industri merchandise tadi berhubungan banget sama modal dari bikin gigs ini.

Jadi secara tidak langsung gathering yang ditanyain Dapurletter itu udah jalan duluan. Kami lebih gampang menerima masukan dari MOGerz yang bersifat kegiatan daripada lirik dan lagu. Insya ALLAH untuk ke depannya Purgatory dan MOGerz sama-sama membuat kegiatan-kegiatan offstage alias di luar manggung yang positif, higienis luar-dalam. Amin…

Kapan Purgatory ada show lagi?

Jadwal rencana manggung paling dekat di bulan Rabi’ul-awal (Maret/April): acara ultah Dapurletter, acara di Rossi Fatmawati, acara ulang tahun Distro, acara MOGerz di Bandung (manggung Purgatory pertama setelah 10 tahun nggak main di Bandung). Tapi sori banget, semuanya belum ada kepastian, dan belum bisa disebut nama-nama acaranya selain Dapurletter. Begitu ada kepastian insya ALLAH kami update ke group dan fan page Purgatory di Facebook.

OK. Ada pesan apa buat metalhead out there?

Please jangan jauhin kemetalan Purgatory dari ke-Islaman para personelnya, karena Islam ini yang menjadi alasan band ini masih ada. Bukan apa-apa sih, personel Purgatory selalu menempel kemetalan ini dengan Islam (bahkan saat kami tampil di Bali). Jadi justru publik yg ngebaca sendiri “adanya” sikap menjauhkan yang otomatis kontradiktif. Ada beberapa pertanyaan dari MOGerz kepada kami tentang beberapa penulisan mengenai Purgatory tanpa Islam. Kami cuma bisa menjawab apa adanya: “Seharusnya ada, tapi digeser”.

Jadi masukan dari kami adalah: kalau penyampaian-penyampaian Purgatory yang berbau Islam terkesan memberatkan dan musti digeser, jangan deh. Mending sekalian aja geser berita tentang Purgatory.

Betewe, jalan Purgatory emang udah terlanjur ribet dengan embel-embel Islam-nya. So be it!rizx

0 Response to Purgatory’s News Flash: Acoustic Album and Their Own Official Merchandise! Comin’ up!

Posting Komentar